Air Terjun Umar Maya Lombok Bikin Kamu Tak Berdaya Menolak Pesonanya

Kamu lagi liburan di Lombok Timur? Jangan sampai melewatkan objek wisata Air Terjun Umar Maya. Air terjun ini memiliki pesona yang sangat memikat dan bikin kamu tak berdaya menolak peson itu. Letak air terjun ini berada di Dusun Birak, Desa Bilok Petung. Letaknya tidak terlalu jauh, sekitar 500 meter dari objek wisata Air Terjun Madu. Sedangkan dari Kota Mataram kamu harus menepuh sekitar 173 km dengan waktu tempuh kira-kira 4 jam.

Dari namanya saja, Air Terjun Umar Maya, kamu akan merasa daya tarik untuk mengetahui, bukan hanya kecantikan air terjun tapi juga asal nama tempat ini. Nama Umar Maya, kata masyarakat setempat, itu berasal dari leluhur Suku Sasak. Tepatnya dari kisah pewayangan bernama Umay Maya. Seorang raja sakti mandraguna dan tersohor kebijaksanaannya. Masyarakat setepat percaya bahwa air terjun tersebut adalah tempat pertapaan Umar Maya. Tepat di gua di balik air terjun. Karena itulah, air terjun ini dinamakan Air Terjun Umar Maya.

Ketika kamu melihat Air Terjun Umar Maya yang tingginya 6 meter ini, memiliki air yang jernih dan kolam atau telaga di bawah air terjunnya lebar. Telaga itu memiliki kedalaman sekitar 0,5 sampai 2 meter dengan arus yang cukup tenang. Disempurnakan,  dengan dasar telaga bukanlah lumpur tetapi pasir sungai dan batu kerikil. Jadi,  kamu bisa asik bermain air dan berenang di telaga ini sepuasnnya. Nilai plus lainnya, air terjun ini memiliki kandungan belerang yang baik untuk kecantikan kulit dan kesehatan tulang. Kamu juga bisa duduk santai di bebatuan besar pinggir air terjun. Menikmati pesona luar biasa dari Air Terjun Umar Maya.

Air terjun ini memiliki air berwarna putih kehijauan yang cantik, dikelilingi bebatuan-bebatuan yang gagah, dan pohon-pohon yang menambah suasa tenang. Tentu kamu tidak boleh melewatkan moment-moment berharga berlibur di air terjun sekeren Air Terjun Umar Maya. Kamu harus mengabadikannya lewat jepretan kamera.

Kamu juga tidak boleh melewat spot foto paling keren yaitu kamu bisa bergaya di belakang tumpahan air terjun. Di belakang air terjun ini kamu akan menemukan gua dengan ukuran cukup besar yaitu sekitar 3 meter kali dua meter. Untuk menuju tempat foto yang tidak boleh kamu lewatkan ini, kamu harus berjalan melalui jalan setapak di bawah tebing yang menjadi asal jatuhnya air terjun ini.

Untuk mendapatkan pesona Air Terjun Umar Maya Lombok kamu cukup membayar uang parkir yaitu Rp. 2.000 untuk sepeda motor. Sedangkan untuk mobil Rp. 5.000. rute menuju Air Terjun Umar Maya ada dua. Jika kamu melalui rute Lombok Utara rutenya sebagai berikut Jalan Pantai Senggigi—Pemenang—Tanjung—Gangga—Kenyangan—Bayan—Kokok Putik (sesampainya di pertigaan Kokok Putik, kamu belok ke arah kanan atau jalan menuju Sembalun)—Dusun Birak Desa Bilok Petung.

Jika kamu melalui Lombok Timur rutenya sebagai berikut, kamu harus melalui Narmada, kemudian Pematang dan terus sampai di Aikmel, kamu ambil jalur lurus menuju desa wisata Sembalun atau Suela, sesampainya di pertigaan Suelakamu belok kiri menuju Sembalun hingga sampai di Dusun Desa Bilok Petung.

Tunggu apalagi, yuk rasakan sensasi liburan seru di Air Terjun Umar Maya Lombok!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*